Hidup terasa begitu penuh kejutan. Mondar mandir antara suka dan duka. Tidak sedang berada di sebuah roda berputar atau sedang mendaki gunung. Tapi sedang menjadi peran utama dalam skenario misterius dan unik ciptaan Tuhan. Tetaplah mencari "Benang Merah" dari setiap kisah nyata.

Selasa, 11 Maret 2014

Arya's Quotes

Every little things that means alot to me, so here i'm quoting for myself.

Praktikum itu hanya untuk mengambil data-data aktual dan faktual dari kegiatan di laboratorium, dengan langkah dan cara yang tepat.

Persiapan ujian itu untuk tidak melakukan kesalahan yang tidak perlu hanya karena kita tidak sempat tahu mana yang benar. Biar kesalahan menjadi milik lupa, bukan tidak tahu.

Belajar itu untuk menyambungkan pemahaman materi yang masih terputus, sehingga kita mengerti dari ujung awal hingga akhir. Ditanya apapun, seharusnya kita bisa jawab. Belajar sebanyak-banyaknya, belajar secepat-cepatnya.

Menulis adalah berbicara dengan jari-jari untuk kekekalan, sedangkan berbicara saja dengan bibir hanya akan berakhir lupa.

Membaca itu untuk menambah terus menerus pengetahuan baru, semakin jarang kita membaca apapun itu, semakin jauh kita dari perkembangan dunia, semakin sering kita membaca apapun itu, semakin kita punya nilai lebih dari orang lain. Siap diajak bicara apa saja.

Melukis itu seperti merangkum pelajaran, untuk bisa menuangkan keindahan pada kanvas kosong dan terbatas, untuk bisa memilih, untuk bisa bertanggung jawab, untuk bisa percaya diri, untuk bisa menghargai, untuk bisa rapih, untuk bisa hati-hati, untuk bisa bersabar, untuk bisa lebih baik dan untuk bisa menemui karakter diri sendiri.

Fotografi itu cara untuk berbagi bola mata, fotografi membuat peminjaman bola mata orang lain jadi mungkin, kita bisa melihat apa yang orang lain lihat, dan melihat cara orang lain itu menghentikan waktu dan menangkap hal-hal kecil, keindahan hingga penggalan cerita.

Mendengar musik dengan mata tertutup bisa membuat kita jadi penonton, atau bahkan pemain dalam sebuah imajinasi visual, jenis alunan dan liriknya akan bawa kita pada kisah yang telah berlalu, hari ini atau bahkan bayangan harapan nanti. Selamat tenggelam di dalam fantasi.

Mendaki gunung itu adalah kumpulan waktu perkenalan, kita akan mengenal diri kita lebih baik, lebih mengenal sahabat, lebih mengenal alam, lebih mengenal rakyat, lebih mengenal negeri yang mulia ini. Setiap gunung akan beri kita pelajaran yang berbeda.

Menyelam itu adalah menjadi kita yang lain, mendadak tidak mampu berjalan, tidak mampu duduk-duduk santai, tidak mampu bernafas normal, tidak mampu bicara apapun, tidak mampu mendengar sedikit sahutan pun, seperti kita memang sedang dipaksa hanya untuk menyaksikan keindahan sisi bumi yang terpendam.

Politik itu lebih sukar ketimbang kalkulus, karena jawaban yang benar tidak bisa dihitung, yang benar belum tentu dipakai, yang benar belum tentu dimenangkan, tapi yang benar itu pasti yang menyenangkan rakyat, yang dipakai itu pasti yang menguntungkan penguasa, yang dimenangkan itu pasti yang mewakili kepentingan, politik boleh dibenci rakyat, tapi jangan lupa, hanya disana semua lini untuk mencapai kesejahteraan diketuk palu.

Sastra itu nyawa peradaban, ia seperti gaya arsitektur yang jadi penanda perubahan zaman, dimana orang bisa merasakan sebuah peradaban silam saat memasuki ruang demi ruang, bait demi baitnya, dimana orang bisa menyentuh rasa pemiliknya dengan mengerti isi dinding demi dinding, kalimat demi kalimatnya. Sastra adalah harmonisasi kemesraan dan kepekaan manusia.

Gastronomi itu petualangan rasa, bertualang untuk mencari kudapan yang paling khas di suatu daerah, bertualang untuk mempelajari sejarahnya dan alasan dibalik pemilihan rempah, bertualang untuk mengerti kenapa orang-orang setempat membuat dan menyukainya, bertualang untuk menemukan cara yang berbeda dalam menikmati kuliner, bertualang untuk mensyukuri segala karunia Sang Pencipta tumbuhan, hewan, akal, naluri, waktu, tenaga, keringat dalam sebuah hidangan,  Hanya ada seru saat mendalami banyak budaya melalui lidah yang sama. 


Oleh Arya di 2014

0 komentar:

Posting Komentar