Hidup terasa begitu penuh kejutan. Mondar mandir antara suka dan duka. Tidak sedang berada di sebuah roda berputar atau sedang mendaki gunung. Tapi sedang menjadi peran utama dalam skenario misterius dan unik ciptaan Tuhan. Tetaplah mencari "Benang Merah" dari setiap kisah nyata.

Senin, 04 November 2013

Kutipan Frase Latin

Saya selalu tertarik dengan kutipan-kutipan frase kata yang berasal dari kehidupan Bangsa Yunani ataupun Romawi kuno yang menggunakan bahasa latin. Banyak pemikir-pemikir hebat yang berasal dari sana, hal ini ditunjukkan dari tingginya peradaban umat manusia kala itu. Hal yang kemudian menjadi menarik adalah kita sama-sama tahu jika kehidupan ini semua seperti berulang-ulang, sudah ada yang lebih dahulu mengalami kejadian-kejadian yang baru saja kita lalui atau bahkan akan kita lalui. Sehingga ada baikknya kita mengambil makna yang tersirat dari penggalan-penggalan frase kata bangsa yang pernah berjaya itu. Berikut sedikit saya utarakan frase kata yang saya sukai.



Akademis :
Non Scholae, Sed Vitae Discimus
Kami tidak belajar untuk sekolah, tetapi untuk hidup, yang berarti bahwa seseorang tidak harus mendapatkan pengetahuan dan keterampilan untuk menyenangkan seorang guru atau guru, tetapi karena manfaat yang akan mereka peroleh dalam hidup mereka.

Respice, Adspice, Prospice
Mengusut masa lalu, memeriksa saat ini, meneliti masa depan
(melihat ke masa lalu, masa kini, masa depan)

Romansa:
Amor Vincit Omnia
Cinta menaklukkan segalanya

Omnia Causa Fiunt
Segala sesuatu terjadi karena suatu alasan

Politik :
Vox Populi, Vox Dei
Suara rakyat adalah suara Tuhan
Frase ini sering digunakan dalam pembahasan politik, demokrasi dan buruh.

Militer :
Si Vis Pacem Para Bellum
Siapa menghendaki Damai harus siap untuk Perang

Silahkan menambahkan pada kolom komentar jika ingin menambahkan :D

0 komentar:

Poskan Komentar