Hidup terasa begitu penuh kejutan. Mondar mandir antara suka dan duka. Tidak sedang berada di sebuah roda berputar atau sedang mendaki gunung. Tapi sedang menjadi peran utama dalam skenario misterius dan unik ciptaan Tuhan. Tetaplah mencari "Benang Merah" dari setiap kisah nyata.

Selasa, 17 September 2013

The way you life, The way you blogging

Halo para penulis dan pembaca,

Posting kali ini akan lepas dari dunia sastra, pada kesempatan ini saya akan bercerita sedikit tentang blog saya. Blog ini sudah saya mulai sejak 4 tahun lalu, dan alhamdulillah saya masih produktif mengisinya. Pada tahun kedua saya menambah 3 blog baru dengan alasan masing-masing, hingga kini semua blog yang saya kelola berjumlah 4 buah. Keempat buah blog tersebut adalah bentuk manifestasi dan pengabdian yang bisa saya berikan untuk Bangsa Indonesia dalam hal kecil. Selain karena saya senang menulis sejak kecil, saya juga merasa perlu membagikan informasi kepada masyarakat melalui internet, "Jika saya selama ini sangat terbantu oleh informasi dari masyarakat yang menulisnya di internet, kenapa saya tidak ikut membagikan informasi yang saya punya dengan cara yang sama? Hal ini semata-mata untuk sinergitas kita semua untuk mencapai kemajuan bersama". 

Mengenai manifestasi, berikut saya jelaskan singkat tentang pemikiran saya. Menurut saya, seorang manusia memiliki "alat" untuk menerima respon dan memberi aksi. Kedua aktifitas menerima dan memberi itulah yang membuat manusia menjadi begitu dinamis dalam menjalani hidupnya.

Kita mulai dari "alat" menerima, seperti yang kita semua pelajari sejak kecil, kita memliki 5 panca indera yaitu mata, telinga, hidung, mulut dan kulit.
1. Mata : milhat : menerima bentuk
2. Telinga : mendengar : menerima suara
3. Hidung : mencium : menerima bau
4. Mulut : mengecap : mnerima rasa
5. Kulit : meraba : menerima sentuhan

Sedangkan aksi dari respon yang kita tangkap melalui kelima indera tersebut dapat berupa aktifitas menulis, melangkah, berbicara dan mengangkat.
1. Tulis : menggerakkan jari
2. Langkah : menggerakkan kaki
3. Bicara : menggerakkan bibir
4. Angkat : menggerakkan lengan

Keempat aksi tersebut dapat digunakan manusia untuk kebaikkan ataupun kejahatan. Dalam hal ini tentu saya akan menggunakannya untuk kebaikan, menulis isi hati, melangkah mencari inspirasi, membicarakan nasionalisme dan mengangkat ilmu pengetahuan. Keempat pemikiran tersebut saya manifestasikan dalam empat buah blog sesuai segmentasinya.
1. www.dantulisan.blogspot.com : Benang Merah : sastra dan filosofi
2. www.danlangkah.blogspot.com : Ngindonesia : travel dan hobi
3. www.danbicara.blogspot.com : Rempah-rempah : politik dan sejarah
4. www.danangkat.blogspot.com : Mahakarya : science dan engineering

Semoga keempat blog ini dapat tetap produktif dan menjadi bentuk aktualisasi diri saya sendiri, serta bermanfaat untuk teman-teman semua.


11:50-17092013-ARYA

0 komentar:

Poskan Komentar