Hidup terasa begitu penuh kejutan. Mondar mandir antara suka dan duka. Tidak sedang berada di sebuah roda berputar atau sedang mendaki gunung. Tapi sedang menjadi peran utama dalam skenario misterius dan unik ciptaan Tuhan. Tetaplah mencari "Benang Merah" dari setiap kisah nyata.

Minggu, 16 Desember 2012

Ngakunya Orang Indonesia




Ngakunya orang Indonesia, tapi kita tidak benar-benar memahami esensi bangunan monumental karya-karya anak negeri, seperti halnya Monas yang diapit 2 kolam pancuran di sisi timur laut dan barat daya yang dibangun sebagai simbol Negara Indonesia yang diapit 2 samudera luas yaitu samudera pasifik dan samudera hindia, padahal monumen dibangun untuk bisa memandangi sejarah dan filosofinya, bukan hanya sekedar untuk objek foto-foto.

Ngakunya orang Indonesia, cinta Indonesia tapi tidak kenal dengan pulau “Zum-zum”? bisa jadi tidak tahu dimana letaknya, atau bahkan baru dengar? Padahal ada lebih dari 18.000 pulau yang kita miliki dan harus sama-sama kita jaga. Pulau Zum-Zum di Maluku Utara ialah saksi bisu perhelatan mengerikan Perang Dunia Kedua. Atau Pulau Run? Pulau terkecil di Kepulauan Banda ini adalah jajahan Inggris yang paling berharga, karena hanya disini terdapat pala yang melimpah, Pulau Run milik Inggris ditukar dengan Nieuw-Amsterdam milik Belanda menjadi New York City melalui Perjanjian Breda (1667). Kini terlihat perbedaan yang luar biasa kan? antara Pulau Run yang kita tidak tahu persis letaknya dimana dan New York City yang gemerlapan. Ini sama halnya dengan Bengkulu yang kala itu bernama Bencoolen saat masih milik Inggris yang di kemudian hari menjadi Bengkoelen setelah dimiliki Belanda dengan menukar Singapoera kepada Inggris menjadi Singapore melalui Perjanjian London (1824). Tanah nenek moyang kita ditukar seenak udelnya oleh Bangsa Eropa itu.  

Ngakunya orang Indonesia, tapi tidak bisa menyebut 20 suku dari 1.128 suku di Indonesia, lalu cuma bisa mengeluh kepada pemerintah ketika ada Negara lain yang nge-klaim budaya kita, atau bahkan sampai marah-marah tidak terima. Padahal budaya itu juga punya kita, karena kita sama-sama Indonesia. Berikut 20 Nama Suku yang jarang kita dengar berdasarkan Pulau, (Sumatera) Suku Talang Mamak, Suku Serawai, Suku Ponosakan dan Suku Lematang, (Kalimantan) Suku Pasir, Suku Kayan, Suku Ot Danum dan Suku Bakumpai, (Sulawesi) Suku Tojo, Suku Tolaki, Suku Una-una, dan Suku Wolio,  (Nusa Tenggara) Suku Donggo, Suku Boti, Suku Rongga dan Suku Sumba, (Papua) Suku Ekagi, Suku Bauzi, Suku Kamoro dan Suku Muyu. Indonesia itu bukan cuma ada di Jawa saja kan.

Ngakunya orang Indonesia, tapi menanggapi dingin unjuk rasa oleh demonstran di depan istana Negara yang sedang membakar & menginjak foto presiden yang merupakan Kepala Negara, Simbol Negara ini di mata dunia. Lalu menjadi begitu marah bukan main ketika segelintir warga Negara tetangga yang membakar foto kepala Negara kita tercinta. Padahal seharusnya kita bisa sama-sama menghormati presiden pilihan langsung rakyat itu, melecehkannya sama dengan menghina 50% lebih Rakyat Indonesia yang sudah memilihnya.

Ngakunya orang Indonesia, tapi kita tidak pernah benar-benar tahu dimana saja pos-pos kekayaan negeri yang ditanam Tuhan di rumah kita. Dimanakah minyak mentah, gas alam, batubara, timah, nikel, bauksit, bijih besi, tembaga, perak, emas dan permata. Jika saja kita tahu berapa banyak jumlahnya dan pengelolanya, mungkin alis dikening anda akan terangkat, terkejut. Semua itu punya kita loh.

Ngakunya orang Indonesia, tapi ternyata kita belum benar-benar cinta Indonesia. Belum benar-benar bisa melakukan segalanya untuk Indonesia. Jangankan untuk mengorbakan nyawa seperti para pahlawan kemerdekaan, memberikan waktu kepada diri sendiri untuk lebih mengenal Negara tempat kita dibesarkan pun sulit.

Kalau kita sudah kenal Indonesia, kita akan tau harus bebuat apa untuk negeri ini.
Jangan hanya mau keindahan dan kekayaan negeri ini saja, Indonesia juga butuh perhatianmu.



17:00-17082012-ARYA

Selamat Ulang Tahun Indonesia ku :D

0 komentar:

Posting Komentar