Hidup terasa begitu penuh kejutan. Mondar mandir antara suka dan duka. Tidak sedang berada di sebuah roda berputar atau sedang mendaki gunung. Tapi sedang menjadi peran utama dalam skenario misterius dan unik ciptaan Tuhan. Tetaplah mencari "Benang Merah" dari setiap kisah nyata.

Kamis, 21 April 2011

Kartini Millennium

Jika jepang memiliki kimono yang tetap tradisional, maka lain cerita dengan Indonesia yang memiliki kebaya modern. Lucu. Lihatlah evolusi kebaya kartini asli yang tertutup dengan kebaya modern yang menampakan warna kulit dan membentuk tubuh, pergeseran "Budaya Ketimuran" yang terkenal santun. Saat ini kebaya asli seperti yang dikenakan kartini muda lebih banyak dijumpai pada nenek-nenek tua di kampung-kampung.

Kartini hanya bisa menghirup udara selama 25 tahun, tindakan non agresif namun progresif telah berhasil membuat anda (perempuan) bisa bersekolah saat ini, dan dari sekolah anda bisa jadi apa saja seperti kami (laki-laki). Senjata perubahan radikal yang saat itu hampir tidak mungkin, dibawa kartini muda hanya dengan kertas dan tinta, bandingkan dengan apa yang anda miliki saat Ini. Anda bisa berbuat lebih jauh ketimbang Kartini. Tinggal butuh kemauan.

Setelah 122 tahun sepeninggal Kartini, Wanita Indonesia yang merdeka mampu menjadi seorang Presiden untuk memimpin dua ratus juta lebih Rakyat Indonesia, ia adalah
Megawati Soekarnoputri sebagai Presiden Republik Indonesia
Saya yakin jika semua Presiden di dunia adalah wanita, maka tidak akan pernah ada perang di dunia. Karena mereka identik dengan perdamaian. Lalu jangan salahkan kami jika selama ini terjadi perang, pria memang punya ego yang lebih besar sebagai pertaruhan identitas, silahkan salahkan kromosom Y yang ada pada kami saja.
Setelah Kepala Negara, Wanita-wanita Indonesia turut unjuk gigi dalam kepemimpinan daerah seperti,
Ratu Atut Chosiyah sebagai Gubernur Banten
Anna Sophanah
sebagai Bupati Indramayu di Jawa Barat
Rina Iriani
sebagai Bupati Karanganyar di Jawa Tengah
Rustriningsih
sebagai Bupati Kebumen di Jawa Tengah
Sri Suryawidati
sebagai Bupati Bantul di DI Yogyakarta
Uliarti Djuhardi Alwi
sebagai Bupati Sambas di Kalimantan Barat
Rita Widyasari
sebagai Bupati Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur
Ni Putu Eka Wiryastuti
sebagai Bupati Tabanan di Bali
Tetty Paruntu
sebagai Bupati Minahasa Selatan di Sulawesi Utara
Tidak berhenti di gelaran jabatan pemerintahan, adapula
Karen Agustiawan sebagai Direktur Utama PT. PERTAMINA
Bahkan induk organisasi olahraga di Indonesia yaitu,
Rita Subowo sebagai Ketua Umum KONI/KOI
Merekalah yang memetik buah dari pohon yang ditanam Kartini lebih dari seabad silam.

Capaian ini menjadi sangat timpang jika dibandingkan dengan Wanita Indonesia yang masih terjebak dalam permasalahan klasik seperti Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), Human Trafficking yang meluas, HIV/AIDS yang tak kunjung turun, Pekerja Seks Komersial (PSK) dalam lokalisasi yang kian marak hingga kebodohan dan kemiskinan yang krusial.
Menteri Pemberdayaan Wanita tidak lagi mampu dan relevan dengan realita Wanita Indonesia, karena pemberdayaan yang dilakukan dekat dengan eksploitasi energi wanita demi uang. Anda sebagai objek, bukan lagi subjek.
Kesetaraan gender telah berhasil diraih, lalu bagaimana dengan penuntasan permasalahan lain? kemana para Kartini Muda lainnya? Ini semua tugas anda sebagai Kartini Milenium. Karena hanya anda yang mengerti wanita.

Ternyata di permulaan abad ke-21, Kartini milenium saat ini lebih akrab dengan kata "galau", waktu dan emosinya habis untuk masalah percintaan hingga tidak punya energi lagi untuk berbuat sesuatu bagi negara, ia lupa memiliki status sebagai peran kunci perubahan Indonesia yang telah jauh dari kesejahteraan
Seperti syair sebuah lagu, Kartini lah sesungguhnya Putri Indonesia, bukan mereka putri-putri pemanis layar kaca hasil pemilihan Yayasan Putri Indonesia. Karena Putri Sejati tidak lahir dari kompetisi panggung hiburan, tapi kompetisi panggung yang lebih luas, Tanah Indonesia.

SELAMAT HARI KARTINI untuk perempuan yang sudah melakukan upaya perubahan seperti kartini muda entah sekecil apapun itu, yang belum, Saya ucapkan selamat berusaha menjadi Kartini Millennium yang tangguh dan cerdas.


00:30-21042011-ARYA

0 komentar:

Poskan Komentar